Tuesday, February 2, 2016

Kondisi Part time di Jepang - April 2015



Sekedar kasih info aja kondisi mahasiswa yang kerja paruh waktu di Jepang sana pada bulan April 2015 :) .....
Sekalian lagi belajar terjemahan koran Jepang di kampus pas mata kuliah Translation of Newspaper...... Rada miris sih sama berita ini, tapi inilah fakta yang ada..... Karena sensei ambil berita tahun lalu, jadi Grizzly cuma bisa kasih gambaran ketidak-adilan dalam dunia kerja pada mahasiswa yang kerja paruh waktu di Jepang saat itu.....




アルバイト学生の67% 不当な扱い経験
4月29日 8時47分

アルバイト先で勤務の強要や残業代の不払いなど不当な扱いを受けたことのある大学生は、アルバイト経験者の3人に2人に上ることが、労働問題に取り組むグループの調査で分かりました。
これは大学教授やNPO法人などで作る「ブラック企業対策プロジェクト」が去年7月、全国23の大学で行った調査をもとに、アルバイトの経験があるおよそ3600人の回答を詳しく分析したものです。
それによりますとアルバイト先で不当な扱いを受けたことがあると答えた学生は、67%と全体の3分の2に上りました。
具体的な内容について複数回答で尋ねたところ、▽「希望していない時間帯に働くよう強要された」が21%、▽募集の際に示された金額より時給が低いなど「労働条件が違った」が18%、▽「残業代が支払われなかった」が14%などとなっています。
こうした学生のうち▽20%が、「アルバイトを辞めた」とする一方、▽49%は「何もしなかった」と回答し、不当な扱いを受けても我慢して働く学生が多いことがうかがえます。
調査を行った法政大学の上西充子教授は、「不当な扱いをする企業は労働条件を書面で渡さない場合が多い。事前に条件を確認し、おかしいと思ったら行政の窓口などに相談してほしい」と話しています。




67% mahasiswa menerima perlakuan tidak adil saat kerja paruh waktu

Dari hasil survei sebuah grup yang membahas perihal masalah pekerjaan, ada 2 dari  3 orang mahasiswa yang mendapatkan perlakuan tidak adil mengenai jam kerja wajib dan kerja lembur tidak dibayar di tempat kerja paruh waktu mereka.
Ini adalah proyek penanganan masalah kerja yang dibuat oleh para profesor dan pengacara NPO sejak bulan Juli tahun lalu yang meneliti dan menganalisa dengan seksama hampir 3.600 orang mahasiswa di 23 universitas di Jepang yang memiliki pengalaman kerja paruh waktu.
Dari hasil survei tersebut, diketahui bahwa 67% atau 2/3 dari total mahasiswa yang menjawab survei bahwa mereka pernah mendapatkan perlakuan tidak adil di tempat kerja paruh waktu mereka.
Secara lebih spesifik, perlakuan tidak adil tersebut antara lain 21% dipaksa bekerja di waktu yang tidak diinginkan, 18% gaji tidak sesuai dengan kontrak kerja dan 14% tidak dibayar ketika lembur.
Diantara para mahasiswa tersebut sebanyak 20% memutuskan untuk berhenti bekerja tetapi disisi lain terdapat 49% mahasiswa yang menyatakan lebih memilih bekerja dengan sabar meski menerima perlakuan tidak adil dan memilih untuk tidak melakukan apapun.
Profesor Uenishi Mitsuko dari Universitas Housei mengatakan bahwa memang banyak perusahaan yang melakukan perlakuan tidak adil kepada pekerja dan banyak yang tidak memberikan surat/kontrak kerja. Oleh karena itu, Profesor Uenishi menghimbau  sebelum mulai bekerja sebaiknya pastikan terlebih dahulu kontrak kerjanya dan bila terasa ada yang aneh segera konsultasikan kepada petugas yang berwenang.


Gimana menurut, teman-teman? :o 
Kasian banget yah :( ..... Negara maju seperti Jepang menuntut masyarakatnya untuk hidup keras dan penuh perjuangan sih..... Temen-temen yang bisa kuliah dan masih dibiayain oleh orang tua harus lebih sadar diri yah :) ..... Masih dibiayai sama ortu dan hidup nyaman ga kayak para mahasiswa di artikel diatas !

No comments:

Post a Comment